Web 3.0 : Tahu Kemana Harus Mencari

by Deddy Andaka on July 24, 2009

Di artikel sebelumnya saya menyebutkan salah satu ciri khas dari Web 3.0 adalah “Kenapa harus mencari (searching) kalau Anda bisa langsung menemukannya?”. Meski demikian, bukan berarti kita sudah tidak memerlukan mesin pencari lagi. Yang membedakan adalah kita tahu kemana harus mencari!

Bayangkan bila Google atau Bing adalah sebuah perpustakaan yang besar dan lengkap. Hampir semua buku dapat ditemukan di sana. Sayangnya banyak buku yang antara judul dan isinya tidak berhubungan. Atau banyak buku yang ditulis oleh entah siapa. Kalau Anda sedang menulis suatu karya ilmiah tentu saja hal ini menjadi masalah besar.

Saya setuju dengan pendapat Afwan Auliyar, “Era Web 3.0 adalah era kepercayaan“. Menurut saya, lebih baik Anda mendapatkan 1 visitor yang percaya pada kredibilitas Anda daripada 100 visitor dari mesin pencari namun tidak mempercayai apa yang Anda tulis.

Lalu, masihkah SEO diperlukan? Jawaban saya adalah: masih. SEO masih diperlukan sebagai penunjuk jalan ketika pertama kali kita ingin pergi ke suatu tempat. Namun begitu kita sudah mengetahui alamat yang dituju dan kita merasa betah di sana, kunjungan berikutnya mungkin kita sudah tidak memerlukan penunjuk jalan itu lagi.

Misalnya begini, dulu kalau saya ingin mencari artikel ataupun jurnal-jurnal kedokteran saya akan searching di Google. Hasilnya tentu sangat beragam. Terkadang saya menemukan tulisan yang bagus namun tanpa identitas penulis yang jelas. Atau pernah juga dibawa ke situs yang malah tidak berhubungan dengan apa yang saya cari.

Sampai akhirnya saya mengenal HighWire Press, sebuah proyek dari Perpustakaan Universitas Standford yang khusus memuat artikel dan jurnal-jurnal dari majalah atau sumber-sumber yang dapat dipercaya. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu saya untuk memilah-milah ‘artikel sampah’ (maaf) di Google. Berikutnya sudah jelas, bookmark that page!

Untuk alasan yang sama, kedepannya mungkin orang sudah tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu di mesin pencari untuk sekedar mencari lirik lagu maupun berita-berita terkini.

*Gambar dibuat dengan Wordle.net*

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (1 vote cast)
Web 3.0 : Tahu Kemana Harus Mencari, 7.0 out of 10 based on 1 rating

{ 22 comments… read them below or add one }

Dhimas July 24, 2009 at 11:53 pm

Namun seperti yang sering saya ungkapkan (memangnya saya siapa 😀 ).. Search Engine tetap terus memutar otaknya agar hasil pencarian sesuai yang diharapkan oleh pencari.. Meskipun pada akhirnya penyampah juga terus memutar otaknya untuk tetap berada di halaman pencarian.. Tidak akan berhenti yah kalo begitu terus.. 😀 yah datanglah Web 3.0..

Reply

Deddy Andaka, dr July 25, 2009 at 3:16 pm

Makanya bisa terjadi pergeseran ke search engine yang lebih spesifik. Klo search jurnal-jurnal kedokteran di HighWire Press tentu terjamin dan ngga bakalan ada deh yang “nembak keyword” atau judul-judul palsu.

Reply

Nyubi July 25, 2009 at 8:14 am

Manggut manggut ga ngerti

Reply

wira July 25, 2009 at 9:04 am

setuju sama Dhimas… *halah sok ngerti

dan saya juga sepakat dengan tulisan ini..

Reply

Nasir July 25, 2009 at 6:24 pm

Sangat informatif…langsung meluncur ke site recommended…trims dok… 🙂

Reply

Deddy Andaka, dr July 27, 2009 at 7:59 pm

Untuk situs jurnal kedokteran-nya emang ada yang bayar dan gratis dok. Tapi yang gratisan cukup banyak kok… Semoga bermanfaat.

Reply

nyubi July 25, 2009 at 10:19 pm

Makasih (master) mas deddy mampir ke blog nyubi, masih ijo, level newbie.. 🙂
Masih harus belajar banyak saya mas… Once again thx 4 visited me
(Bukan nyepam saya ya…)

Reply

Deddy Andaka, dr July 27, 2009 at 8:00 pm

Wah, saya bukan master mas. Lagian masalah nyubi atau ngga bukan masalah baru atau lama. Siapa yang mau belajar pasti lebih cepet maju. Semangat!

Reply

mr. more good July 26, 2009 at 3:51 pm

yup, karena dunia internet uda di penuhi dengan pembisnis jadi gitu deh…. SEO jadi salah sasaran hehehhehe
info yang bagus bos. 😆

Reply

Deddy Andaka, dr July 27, 2009 at 8:01 pm

Ayo mulai dari diri sendiri, dari hal2 kecil… dan dari sekarang. Save SEO Indonesia! 🙂

Reply

aLe July 28, 2009 at 1:09 am

Huhu,
Sepakat,
Pengunjung bnyk,
Tp cm nyepam jg nyebelin 😀

Reply

Deddy Andaka, dr July 28, 2009 at 10:22 pm

Mending komentar sedikit tp bukan spam ya Le 🙂

Reply

dNoxs July 28, 2009 at 1:19 pm

lagi mencerna kata-kata… sambil ngunyah permen karet. tetep masih bingung, ke TKP dulu aja deh… 🙂

Reply

Deddy Andaka, dr July 28, 2009 at 10:23 pm

Pegangan mas klo bingung. Hehehe… ati2 juga jgn sampe permen karetnya ketelen… :mrgreen:

Reply

afwan auliyar July 29, 2009 at 4:13 pm

wew…. sepertinya memang kredebelitas itu perlu ..
sehingga bagi pengelola website, atau blog sepertinya juga jngan meninggalkan SEO sebagai penunjuk jalan, tapi dilain pihak juga content harus senantiasa di perbaiki kualitasnya 🙂

Reply

Deddy Andaka, dr July 31, 2009 at 11:41 pm

intinya berlatih… berlatih… dan berlatih ya mas 🙂

Reply

Joko July 31, 2009 at 5:28 pm

Boleh saya ikut nimbrung, Mas. Jika era web 3.0 sudah dimulai itu artinya apakah internet dan buku bisa berdiri sejajar sebagai sumber yang sangat bisa dipercaya? Kalau era sekarang antara informasi yang benar dan menipu hampir dikata berimbang keberadaannya di internet.

Saya pernah baca di Blog seorang kawan sampai2 Roy Suryo pernah mengatakan para Blogger dikatakan penipu semua.
Mudah2an kita para Blogger tidak sakit hati mendengar ini

Reply

Deddy Andaka, dr July 31, 2009 at 11:38 pm

Sekarang pun internet dan buku sudah berdiri sejajar sebagai sumber yang bisa dipercaya kok. Tergantung ngambil dari mana. Sama halnya buku, kan tidak semua buku bisa dijadikan referensi.

Internet seperti Wikipedia yang bisa diedit banyak orang tentu memiliki tingkat kepercayaan yang tidak tinggi untuk sebuah referensi ilmiah. Begitu juga dengan blog. Dalam evidence base, pendapat ahli itu memiliki tingkat kepercayaan yang rendah lho… Apalagi pendapat yang tertulis di blog.

Masalah pernyataan RS, saya sih ngga terlalu ambil pusing. Yang penting kan bukan generalisasi. Malah saya juga pernah nulis “All SEOers are Liars”. Tapi tentu maksud saya bukan semuanya…

Reply

afdil July 2, 2010 at 9:53 pm

saya pernah baca, katanya ntar web 3.0 hasil pencariannya gak hanya berdasarkan keyword, tapi juga konteksnya. dan kita bisa memasukkan pertanyaan dengan kalimat yang sangat kompleks. tapi itu semua masih berupa pemikiran berbagai ahli internet. so.. i dunno. ikutan aj deh nunggu gimana jadinya ntar. he.

Reply

guzpra April 25, 2011 at 1:27 pm

bener sekali mas artikelnya, itu jg yg jadi pemikiran saya karena search engine sekarang dipenuhi dengan content yang berbau spam..
search engine nantinya diharapkan bisa memberi rekomendasi terhadap user, lebih baik mendapatkan 2 atau 3 hasil yang sangat relevan daripada mendapatkan ratusan tapi spam semua 🙂

Reply

putri May 10, 2012 at 10:19 pm

Sampai saat ini saya masih belum bisa memutuskan apakah menggunakan web 2.0 atau 3.0 😐

Reply

kelley blue book used cars August 4, 2013 at 3:05 pm

Genuinely no matter if someone doesn’t know then its up to other people that they will assist, so here it takes place.

Reply

Leave a Comment

{ 2 trackbacks }

Previous post:

Next post: