Steve Jobs

by Deddy Andaka on October 8, 2011

“I want to put a ding in the universe” – Steve Jobs

Tanggal 5 Oktober 2011 akan selalu diingat oleh penggemar Apple di seluruh dunia. Steve Jobs, Sang inspirator, telah meninggal dunia di usia yang ke-56 setelah 8 tahun lamanya bergelut dengan kanker pankreas yang dideritanya. Tak banyak orang seperti Steve Jobs di dunia ini. Tak hanya seorang creator, Steve Jobs memiliki visi yang jauh ke depan melebihi visioner-visioner lain. Dan yah, Steve Jobs mampu membuatnya menjadi nyata.

Filosofi Jobs yang menganggap orang lain bodoh mungkin terdengar sombong, tapi hal itulah yang menjadi dasar baginya untuk membuat sesuatu yang ‘smart’ namun cukup mudah digunakan semua orang.

Steve Jobs berjiwa creator, sedangkan yang lain berjiwa follower. Dia selalu mencoba melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda (Think Different). Berani berpikir ‘out of the box‘ dan fenomenal! Dunia komputer dibuatnya takjub dengan iMac yang begitu sederhana dan Macbook Air yang tipis namun ‘bertenaga’. Dunia film juga tersentak dengan studio animasi Pixar yang didirikannya. Gebrakan iPod di dunia musik telah memberi keuntungan yang luar biasa bagi Apple.

Yang paling fenomenal tentu saja dua produk terakhir, iPhone dan iPad. Tahun 2007 telah dijadikan tonggak sebagai perbatasan antar zaman sebelum dan setelah iPhone. Begitu juga dengan iPad yang telah sukses membuat kategori baru dan mengubah cara kita berinteraksi dengan gadget. Cara kita browsing, bermain game, mendengarkan dan menciptakan musik, cara mengajar, mengambil keputusan dalam bidang kesehatan, dan masih banyak lagi. Hampir semua sisi kehidupan telah tersentuh karyanya.

Masih jelas teringat ketika saya pertama kali menyentuh layar iPhone. Rasanya sungguh luar biasa! Seperti sesuatu yang ajaib sedang berada dalam genggaman. Pengalaman pengguna ini pun sangat diperhatikan Steve Jobs secara detail, termasuk dari kemasan. Iya, ternyata membuka kemasan pun memberi kesan sendiri bagi pengguna. Lihat saja video-video unboxing produk Apple bertebaran di YouTube.

Huff, dunia telah kehilangan seorang yang luar biasa!

Rest in peace Steve Jobs, see you in the iCloud! :(

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.5/10 (2 votes cast)
Steve Jobs , 7.5 out of 10 based on 2 ratings

{ 33 comments… read them below or add one }