Pilar Asoka

by Deddy Andaka on November 27, 2007

Ada oleh-oleh yang aku bawa dari Pupuan, sebuah Pilar Asoka!

Pilar-pilar Asoka di Sarnath adalah peninggalan Asoka yang paling dikenal. Mereka dibuat dari batu granit dan merekam kunjungan Asoka kepada maharaja Sarnath pada abad ke-3 SM. Pilar ini memiliki pucuk berbentuk empat kepala singa yang berdiri membelakangi satu sama lain. Lambang India modern adalah keempat singa ini. Singa selain melambangkan kekuasaan Asoka, juga melambangkan sifat kerajaan sang Buddha (singa dianggap raja hutan yang merajai semua margasatwa dan Buddha adalah seorang pangeran mahkota). [Wikipedia]

Pilar Asoka Vihara Dharma Giri Pupuan

Sejak tanggal 2 November lalu, telah diresmikan sebuah pilar Asoka di Vihara Dharma Giri Pupuan Tabanan Bali. Di bawah pilar ini ada sebuah tulisan yang sangat bagus untuk direnungkan :

Janganlah kita menghormat agama kita sendiri dengan mencela agama orang lain. Sebaliknya agama orang lain hendaknya dihormat atas dasar tertentu. Dengan berbuat begini kita membantu agama kita sendiri untuk berkembang disamping menguntungkan pula agama lain. Dengan berbuat sebaliknya kita akan merugikan agama kita sendiri di samping merugikan agama orang lain.

Oleh karena itu, barang siapa menghormat agamanya sendiri dengan mencela agama lain, semata-mata karena dorongan rasa bakti kepada agamanya dengan berpikir bagaimana aku dapat memuliakan agamaku sendiri, maka dengan berbuat demikian ia malah amat merugikan agamanya sendiri. Oleh karena itu toleransi dan kerukunan beragamalah yang dianjurkan dengan pengertian, bahwa semua orang selain mendengarkan ajaran agamanya sendiri juga bersedia untuk mendengarkan ajaran agama yang dianut orang lain.

Yah, semoga damai di hati, damai di dunia dan damai selalu…

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
Pilar Asoka, 10.0 out of 10 based on 1 rating

{ 9 comments… read them below or add one }