Pilar Asoka

by Deddy Andaka on November 27, 2007

Ada oleh-oleh yang aku bawa dari Pupuan, sebuah Pilar Asoka!

Pilar-pilar Asoka di Sarnath adalah peninggalan Asoka yang paling dikenal. Mereka dibuat dari batu granit dan merekam kunjungan Asoka kepada maharaja Sarnath pada abad ke-3 SM. Pilar ini memiliki pucuk berbentuk empat kepala singa yang berdiri membelakangi satu sama lain. Lambang India modern adalah keempat singa ini. Singa selain melambangkan kekuasaan Asoka, juga melambangkan sifat kerajaan sang Buddha (singa dianggap raja hutan yang merajai semua margasatwa dan Buddha adalah seorang pangeran mahkota). [Wikipedia]

Pilar Asoka Vihara Dharma Giri Pupuan

Sejak tanggal 2 November lalu, telah diresmikan sebuah pilar Asoka di Vihara Dharma Giri Pupuan Tabanan Bali. Di bawah pilar ini ada sebuah tulisan yang sangat bagus untuk direnungkan :

Janganlah kita menghormat agama kita sendiri dengan mencela agama orang lain. Sebaliknya agama orang lain hendaknya dihormat atas dasar tertentu. Dengan berbuat begini kita membantu agama kita sendiri untuk berkembang disamping menguntungkan pula agama lain. Dengan berbuat sebaliknya kita akan merugikan agama kita sendiri di samping merugikan agama orang lain.

Oleh karena itu, barang siapa menghormat agamanya sendiri dengan mencela agama lain, semata-mata karena dorongan rasa bakti kepada agamanya dengan berpikir bagaimana aku dapat memuliakan agamaku sendiri, maka dengan berbuat demikian ia malah amat merugikan agamanya sendiri. Oleh karena itu toleransi dan kerukunan beragamalah yang dianjurkan dengan pengertian, bahwa semua orang selain mendengarkan ajaran agamanya sendiri juga bersedia untuk mendengarkan ajaran agama yang dianut orang lain.

Yah, semoga damai di hati, damai di dunia dan damai selalu…

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

{ 9 comments… read them below or add one }

ayahshiva November 27, 2007 at 11:13 pm

wah bener bener kata kata yang patut di renungkan dalam dalam tuh.
btw saya kira film Asoka yang pernah tayang di tv beberapa waktu lalu ceritanya bukan dari cerita nyata, ternyata ada sejarah nya toh

Reply

Deddy November 28, 2007 at 8:14 am

Ooo… film Asoka yang dibintangi Shahrukh Khan itu ya? Ga pernah nonton nih. Hehe…

Reply

Thio Keng Hin August 27, 2008 at 4:10 pm

1. Di India tidak ada Singa. Singa adanya di Africa, Alexander membangun kota di Alexander muara sungai Nil dan peninggalannya tersebut masih ada sampai sekarang dikota Alexandriyah.
2. Pada tugu Asoka jelas terlihat jelas pengaruh budaya Mesopotamia (Alexander the Great ke Pakistan 320BC)
3. Refrensi sejarah Alexander the Great

Reply

Deddy Andaka August 28, 2008 at 8:44 pm

Lalu bagaimana hubungannya dengan Pilar Asoka yang ada di India pak?

Reply

ahmd asoka June 16, 2012 at 10:40 pm

perasaan alexander yang agung masuk india setelah masanya raja asoka, berarti asoka sdh lebih dulu pake singa baru alexander yang agung datang :roll:

Reply

Deddy Andaka August 28, 2008 at 8:51 pm

Barusan saya coba cari di Wikipedia, ada sebuah info tentang “Singa India“. Ternyata ada jenis singa di India dan Persia dengan nama subspesies “Panthera leo persica” atau “Leo leo goojratensis”. Hmm… sepertinya singa tidak cuma hanya ada di Africa ya pak? :???:

Reply

Asoka September 23, 2009 at 6:48 pm

hehe..masa iya singa cuma ada di afrika.
trus apa ya hubungannya dgn pengaruh budaya mesopotamia? lalu bukannya alexander the great itu dari yunani ya? Lagian ini kan ttg raja Asoka. Kenapa malah lihatnya sejarah Alexander the great? hrsnya kan lihat sejarah raja Asoka. :smile:
Saya setuju bgt sm tulisan di pillar itu. Coba kl semua orang bs melakukan ky di pillar itu. Pst dunia damai n ga ada lagi peperangan atau permusuhan karena agama.
Saya pernah baca malah ada yg sampai nulis, apakah atheis itu? Atheis adalah orang-orang yang tidak pernah bertengkar dan bermusuhan hanya karena agama. Menyedihkan bgt kan org beragama tapi tdk lbh baik dr org yg tidak beragama.
btw saudaranya Robert Andaka ya? =P

Reply

Deddy Andaka, dr September 24, 2009 at 6:08 am

Iya, sudah saya sempet cari ternyata ngga cuma ada di Afrika ;) Mengenai hubungan antara Alexander The Great dengan Raja Asoka saya belum saya temukan. Mungkin ada yang bisa bantu?

“Atheis adalah orang-orang yang tidak pernah bertengkar dan bermusuhan hanya karena agama.”

Tapi tidak setiap orang yang tidak bertengkar dan bermusuhan karena agama adalah Atheis kan? ;)

Btw, siapa Robert Andaka?

Reply

Asoka September 26, 2009 at 11:57 am

hehehe..iya benar, ga semua yg ga pernah bermusuhan itu karena agama itu atheis. :oops:

Maaf salah, yg benar itu kl ga salah itu Robert Handaka. Pernah dengar ga? =P

Yg masalah Alexander the Great itu tidak jelas juga. Dulu cuma pernah nonton kalau Alexander the Great dari yunani terus menyerang Pakistan. Kl ga salah dia juga pernah menjelajah sampai Mesir ya. Terus mati usia muda kl ga salah umurnya cuma sampai 32 thn (maaf kl salah. hehehe..). Kl dari sejarah Raja Asoka sendiri ga pernah dengar ada pengaruh budaya dari Alexander. Satu hal yg jelas Asoka lahir setelah Alexander.

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: