Penebel

by Deddy Andaka on February 13, 2007

Ga terasa uda 7 minggu 2 hari aku di bagian IKK-IKP. Tinggal 4 hari nih… setelah itu bakal balik lagi ke hirup pikuk RSU Sanglah tercinta. Mau ngelanjutin posting sebelumnya yang sempat tertunda tanggal 14 Januari lalu. Berhubung lama ga posting, sekalian digabung dah ama cerita-cerita selama sebulan. Hehe… Ok, selamat menikmati…

Setting tempat: Selama IKK-IKP ini aku dapet tugas di Puskesmas Penebel I, Penebel – Tabanan. So, cerita-cerita berikut ga jauh dari situlah 🙂


Rutinitas Sehari-hari

Berangkat dari Denpasar pk 07.00 WITA ama Gusti, kelompokku selama bertugas di IKK-IKP. Pagi-pagi jalan relatif sepi, so ke Puskesmas Penebel I kurang lebih ditempuh selama 45 menit. Di minggu pertama adalah waktu untuk bersosialisasi ama dokter dan staff Puskesmas setempat. Sambil mempelajari tentang struktur Puskesmas dan mencari masalah yang ada untuk diangkat menjadi bahan penelitian. Tiap minggu musti ada program Puskesmas yang dipelajari. Sambil sesekali tugas di BP (Balai Pengobatan -red). Balik lagi ke Denpasar pk 13.30 WITA. Yah, begitulah rutinitas sehari-hari selama di Puskesmas.

Hotel Ayam
Daerah Penebel merupakan salah satu center peternakan ayam di Bali. Jangan heran klo di kanan kiri jalan banyak terdapat kandang ayam, uhmm… atau lebih kerennya disebut “Hotel Ayam”. Setiap tindakan ada konsekuensinya. Dan konsekuensi dari maraknya Hotel Ayam adalah “BAU”. Ha ha ha… yah, baru masuk gapura uda tercium tuh bau t@i ayam. Di sini juga aku n Gusti bikin penyuluhan tentang pencegahan Flu burung. Jangan sampe deh terjadi kasus flu burung di sini.

Hotel Ayam
(Sate Ayam + Gule + Be Guling) x Everyday = You’ll be dead soon…
Yang terasa di minggu kedua adalah… susahnya nyari makan! Ha ha ha… Di depan Puskesmas emang ada yang jual sate ayam ama Gule. Dan ga jauh dari situ juga ada yang jual be Guling. Minggu pertama sih antusias, tapi… come on… tiap hari makan sate ayam ama gule atau be guling… bakalan cepet mati muda dah! Apalagi di Penebel lagi musim Duren, wah… lengkap deh.TRANCE (Kesurupan)

Kehidupan sebagai seorang (calon) dokter ternyata ga selalu behubungan ama yang bersifat ilmiah. Apalagi klo tinggal di Bali…

Senin (22/1-07). Pagi itu aku n Gusti baru balik ke Puskesmas dari kunjungan ke salah seorang penduduk. Baru aja nyampe di Puskesmas, ada seorang pasien yang dateng sambil digotong karena tidak sadarkan diri. Seorang siswi SMP, yang tiba-tiba terjatuh ketika sedang belajar di kelas. Dari pemeriksaan yang kami lakukan, secara fisik tak tampak kelainan. Vital sign (tekanan darah, nadi, respirasi) sampai ke refleks-refleks masih dalam batas normal. Matanya terbuka seperti biasa, namun pasien ini ga mau bicara. Aku minta 2 orang temen sekelasnya buat nemenin. Ga lama kemudian, dia mulai kedengeran bicara… yang terucap cuma… “Takut… aku takut…”

Kira-kira 30 menit berselang, datanglah bapaknya. Dari cerita bapaknya, kemaren anaknya sempet seperti ini. Dan dari cerita si bapak, dia bilang anak ini kesurupan!

Dan eh, pas masih cerita… tiba-tiba tubuh anak ini kejang-kejang. Lalu dari posisi tertidur tiba-tiba bangun sambil mengucapkan kata-kata dalam bahasa Bali halus. Dan… yah… believe it or not… nada suaranya berbeda. Suara kali ini seperti suara cowo. Dari pembicaraan yang aku tangkap, seperti ada kekuatan (atau “sesuatu” ?) di yang masuk ke dalam tubuh anak ini. Setelah mencapai “kesepakatan”, anak ini pun balik seperti biasa. Huff… pagi yang aneh…

Dari ngobrol-ngbrol ama salah seorang staff, ternyata beberapa hari sebelumnya yaitu pas hari raya Siwalatri (17/1-07), beberapa anak SMAN 1 Tabanan juga mengalami kesurupan. Dan kebetulan, salah satu anak yang kesurupan tersebut adalah anak dari staff Puskesmas. Maka cerita pun berlanjut jadi tambah seru 😀

Aku pikir sampai di situ. Ternyata peristiwa kesurupan masih terus berlanjut. Entah fenomena apa. Entah apa makna yang tersirat:
Puluhan Siswa SMAN 1 Ubud Kesurupan (1/2-07)
Siswa SMAN 1 Kediri dan SMK MarsudiriniKerauhan
‘ (9/2-07)

Durenholic!
Seperti yang aku bilang sebelumnya, Penebel lagi musim duren. Tiap hari ada aja orang dateng ke Puskesmas buat jualan duren. Percaya ga, ada pasien yang mpe mabok gara-gara duren! Dan sejak di Penebel pula si Gusti jadi Durenholic. Heran dah ama tu anak… ga ada bosen-bosennya ama duren.

Tanggal 24/1-07 suasana di Puskesmas Penebel I tiba-tiba aja jadi tambah rame berkat kedatangan 7 orang mahasiswa/i FKG Saraswati dalam rangka KKM selama 2 minggu. Jadi nambah dah anggota buat makan duren. Wahahahaha… Welkam tu Duren klab!

Jatiluwi “Surga yang Lain”

Rugi ke Penebel kalo belum ke Jatiluwih.

Begitu pesan moral yang disampaikan orang-orang di situ. Minggu terakhir di Penebel, aku n Gusti menyempatkan diri ke Jatiluwih, yang dari cerita orang-orang sih tempatnya bagus banget kayak Ubud. Dan ternyata emang bener oi… liat deh aja foto berikut yang aku ambil. Ngeliat pemandangan kek gini sambil duduk-duduk di sebuah pondokan dan menikmati secangkir kopi Bali. Wuih… mantab!

Jatiluwih #1Jatiluwih #2

Nah, berhubung uda liat Jatiluwih…jalan-jalan kita ke Penebel dan sekitarnya pun berakhir. Uda malem juga, posting untuk kali ini cukup sekian deh.NB: Terima kasih untuk dr. Sri atas bimbingannya, juga buat semua staff Puskesmas yang ramah-ramah banget. Buat anak-anak FKG: Didi, Utit, Uti, Sari, Tini, Indra and Jefry, nice to meet u all…

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

{ 12 comments… read them below or add one }

snydez February 14, 2007 at 9:03 am

itu foto #1, awannya kaya’ pulau bali 🙂

Reply

deddy February 14, 2007 at 9:35 am

Wah iya… jeli banget…

Reply

Didi February 15, 2007 at 11:19 am

hi Ded 🙂

Suka motret, tapi belum ada potret yang bagus selama ini. Jadinya tetep aja gak pede he he he.

Gimana kabar pasiennya? Ada yang cakep gak? heiehie

Reply

deddy February 15, 2007 at 1:05 pm

ah…pede aja lagi di. aku dah liat jepretan2nya. mantab tuh. aku aja yg bermodalkan kamera pocket digital pede. hueheuhue… ayo gabung di FN 🙂

Reply

dani iswara February 18, 2007 at 6:15 pm

kopinya enakan mana ma kebun sendiri..? 😀

Reply

deddy February 18, 2007 at 9:09 pm

yg itu mah jgn ditanya 😉

Reply

pu-3_bloom March 15, 2007 at 7:58 pm

hei,, lam kenal yach…
bole tau lebih banyak ttg peternakan ayam di penebel ga??
ge 1 km dokter kan?? bole nny ttg flu burung jg ga??????hehehehehe…

Reply

pu-3_bloom March 15, 2007 at 8:00 pm

oy,, klo bisa hub za aku di pu3_bloom@yahoo.com yach……
thnk’s be4

Reply

deddy March 16, 2007 at 4:15 pm

Putri : mau tau apa nih ttg peternakan di penebel? btw, tinggal di Bali juga? hmm… im not doctor yet. hehehe…

Reply

Ani mesong July 20, 2008 at 12:34 pm

Ingat ayam jadi ingat flu burung.. ayam-ayam di Hotel Ayam itu pada sehat semua nagk ya?? :mrgreen:

Reply

iklan mobil bekas January 16, 2011 at 12:17 am

wah kebetulan banget februari besok mau kebali, bisa jadi referensi untuk dtg ke penebel nih

Reply

Daily News New York March 22, 2014 at 4:40 pm

nice information, keeping share information
Daily News New York

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: