Dirgayahu Republik Indonesia (63 Tahun)

by Deddy Andaka on August 16, 2008

Besok, 17 Agustus 2008, tepat sudah 63 tahun Republik Indonesia menikmati kemerdekaannya. Terlepas dari apakah semua orang sudah merasa merdeka atau tidak, keadaan saat ini sudah tentu jauh lebih baik dari pada saat kita masih dibawah jajahan Belanda atau Jepang; setidaknya begitu cerita orang-orang tua di rumah. Saat saya masih kanak-kanak, kemeriahan 17-an sangat saya rasakan. Tidak hanya dengan memasang bendera merah putih di tiang bendera, tapi juga merangkai bendera kecil-kecil untuk dipasang di atap rumah. Sepeda pun saya hias agar bernuansa merah putih. Lalu dengan gelak tawa bersama teman-teman menyaksikan berbagai perlombaan seperti lari karung dan panjat pinang.

Filosofi Panjat Pinang
Kamarin, ketika saya menyaksikan Kabaret Gado-gado Politik di Metro TV, Butet Kertaradjasa menyampaikan tentang Filosofi Panjat Pinang dari sudut yang berbeda. Selama ini, saya menilai bahwa panjat pinang menggambarkan usaha, kerja sama dan semangat persatuan yang harus dipupuk untuk meraih sesuatu. Kehidupan juga terkadang seperti permainan panjat pindang. Untuk meraih apa yang kita impikan, kita harus bekerja keras, lelah, kemudian terjauh. Dan kesuksesan pun akan menunggu di depan mata mereka yang pantang menyerah. Namun ternyata, filosofi panjat pinang juga dapat berarti sindiran rakyat kepada “elite-elite politik” (dalam tanda petik). Elite-elite politik digambarkan sebagai orang yang berusaha meraih puncak pohon pinang (kekuasaan) dengan melakukan berbagai cara, termasuk dengan menginjak-injak kepala orang di bawahnya (rakyat). Dengan permainan panjat pinang diharapkan agar para elite-elite politik selalu “eling” kepada rakyat. Karena rakyatlah mereka ada di sana, maka sudah sepatutnyalah mereka mengabdi untuk kepentingan rakyat (bukan sebaliknya).

Nah, untuk menyambut Dirgayahu dan HUT ke-63 Republik Indonesia, maka saya mengubah nuansa blog ini dari hijau ke merah putih sampai beberapa hari ke depan.

Merdeka!

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)

{ 32 comments… read them below or add one }

yudi August 16, 2008 at 9:08 am

blog ini cocok dipadankan sama warna soft apa aja kayaknya.

oya, met hari kemerdekaan buat indonesiaku πŸ˜€

Reply

Deddy Andaka August 17, 2008 at 1:33 pm

Thanks, Yud. Jangan lupa scroll ke bawah untuk warna yang lebih keras πŸ˜‰

Reply

sawali tuhusetya August 16, 2008 at 10:55 am

salam merdeka, mas handaka! dirgahayu bangsaku. semoga2 benar2 merdeka dari belenggu kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan.

Reply

Deddy Andaka August 17, 2008 at 1:34 pm

Andaka mas, ngga pake “H” πŸ˜€ Yupe, mari kita sama-sama berjuang mengisi kemerdekaan ini sesuai bidang kita masing-masing.

Reply

Doel August 16, 2008 at 11:01 am

Merdeka Indonesia !!! merdeka buat semua bangsa Indonesia…

Reply

Deddy Andaka August 17, 2008 at 1:39 pm

Merdeka bang Doel. Gimana betawi, aman? πŸ˜€

Reply

imcw August 16, 2008 at 5:12 pm

Nuansa merah sekarang. πŸ™‚

Reply

Deddy Andaka August 17, 2008 at 1:36 pm

Iya dok, biar sesuai dengan semangat merah putih. Hehe…

Reply

ridu August 17, 2008 at 12:31 am

Dirgahayu RI ke 63.. Jaya lah negeriku Sejahtera Indonesia ku

Reply

Deddy Andaka August 17, 2008 at 1:48 pm

Terus berkarya ya Du…

Reply

agoes August 17, 2008 at 1:24 pm

hanya sedikit blogger indonesia yang mengganti tampilannya menjadi merah putih. salut dok, merdeka!

Reply

Deddy Andaka August 17, 2008 at 1:49 pm

Ini juga salah satu bentuk kebebasan untuk memilih apakah akan mengganti themes menjadi merah putih atau tidak kan? πŸ˜‰

Reply

mm August 18, 2008 at 8:00 am

warna merah soft nya mirip blog ku ya ? πŸ˜†

merdeka bung ded

Reply

tipis August 18, 2008 at 12:25 pm

wah seger bener nih warna. cuman blogrollnya bikin silau dok πŸ™‚ saya juga berencana ganti warna themes nih, masih dipikirin yg cocok πŸ™‚

buat negeriku tercinta met ultah ya, MERDEKAAA!!!!!!

Reply

jempolkaki August 18, 2008 at 2:39 pm

ternyata filosofi panjat pinang banyak dipake para pejabat kita

Reply

Roffi August 19, 2008 at 3:30 pm

salam kenal… blog yang bagus banget.. dan tulisannya seru.. πŸ˜›

Reply

Daniel GM August 19, 2008 at 6:13 pm

hmmm… kenapa ya ga sesemangat dulu ya aku ngerayain 17 agustus ultah negara tercinta…. hikz… kenapaaaaaa………??? πŸ˜•

Reply

Gus Yehia August 19, 2008 at 11:22 pm

Merdeka Bung!

Reply

zee August 20, 2008 at 11:07 am

tapi merah putihnya ada campuran merah muda jg pak dokter…. seperti kue lapis jadinya. :mrgreen: eh tp bagus… bkn ga bagus….

Reply

Armand August 20, 2008 at 11:28 pm

Red and White, just like our national flag. It’s great. Happy Independene Day… πŸ˜›

Reply

okanegara August 21, 2008 at 1:41 am

dirgahayu RI ke-36, semoga bisa benar bisa merdeka. merdeka dari kemiskinan, kelaparan, kekurangan gizi, penyakit infeksi, korupsi, pengangguran, dll

Reply

Franchise Indonesia August 22, 2008 at 12:47 am

Happy Independence Day !, semoga dengan peringatan kemerdekaan ini Indonesia bisa bangkit… semoga… πŸ™‚

Reply

ick August 22, 2008 at 12:44 pm

merdeka bangsaku… semoga bisa merdeka dalam arti yang sebenarnaya…. 😎

Reply

quelopi August 22, 2008 at 3:13 pm

merderak….

ngomong-ngomong merdeka jadi kepengen liat poto panjat pinang nya

Reply

ghozan August 23, 2008 at 9:41 pm

hmm kok sepertinya yang disindir gak ngerti2 yah? atau ngerti tapi pura2 nggak ngerti? yang jelas masih banyak orang Indonesia yang belum merdeka, dalam artian banyak orang yang masih belum mengecam pendidikan bahkan pendidikan dasar seperti SD. bukankah pemerintah mestinya menjamin pendidikan mereka? aniwei saya mengucapkan dirgahayu republik Indonesia ke-63 semoga negara kita menjadi negara yang lebih baik dari hari kemarin!

Reply

fenny August 24, 2008 at 11:52 am

*merasakan kehangatan, klo kemarin2 kesejukan* eh tapi serasa valentine πŸ˜›

Reply

lowongan kerja September 2, 2008 at 6:28 pm

semoga indonesia makin jaya dan makmus seperti negara2 yang lain..

Reply

lowongan kerja September 2, 2008 at 6:29 pm

semoga indonesia makin jaya dan makmur seperti tetangga negara2 yang lain..

Reply

irfan January 13, 2010 at 1:42 am

merdeka!! ❗

Reply

sundulbet February 28, 2014 at 8:03 am

blog ini cocok dipadankan sama warna web apa aja kayaknya cock bnget.
oya, met hari kemerdekaan buat indonesiaku

silahkan kunjungi web kami
http://www.sundulbet.com
terima kasih dan mohon kunjungannya

Reply

Juragan Rambut February 2, 2017 at 10:41 am

apa iyha mas para elit elit politik mau baca tentang beginian mas ? Kalaupun dibacain paling cuman bikin telinga pedes…. beda kalau didepan rakyat, seakan artikel ini bikin mereka terharu. hhehehe

Reply

Harga Hp GSM April 22, 2017 at 9:38 pm

Kagak pernah terfikir sebelumnya, istimewa bener om butet mengambil kesimpulan seperti itu, hanya orang-orang pemikir saja yang dapat berfikir sebegitu jauhnya. Memang benar itu adalah sindiran, tapi kalau tidak dikumandangkan bahwa itu sindiran, siapa yang akan tahu ? ya to πŸ™‚

Reply

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: