About

Deddy Andaka (lahir 27 Juli 1982 di Denpasar), kerap dipanggil Deddy, Ded, Dedonk, Ndet atau Andaka.

BIOGRAFI SINGKAT

Deddy lahir dari pasangan Andaka Murti (ayah) dan Liliek Handajani (ibu). Kedua orangtuanya memberikan ia darah campuran Bali, Jawa dan Chinese. Ia merupakan anak ketiga dari 3 bersaudara.

Secangkir Kopi PanasDeddy kecil tumbuh dan besar di Desa Pupuan, sebuah daerah pegunungan di Kabupaten Tabanan Bali. Desa Pupuan terkenal dengan kebun kopinya dan diakui sebagai daerah penghasil kopi nomor 1 dan terbaik di Bali. Tak heran Deddy menjadi seorang coffeeholic. Deddy kecil juga sempat merasakan panasnya udara Singaraja karena ibunya yang seorang dokter sekaligus PNS ditugaskan di daerah Busung Biu, Singaraja.

Selain sebagai daerah penghasil kopi #1, Pupuan juga terkenal dengan pemandangan yang indah. Hamparan sawah dengan teras seringnya dan petani yang bekerja membajak sawahnya membuat Deddy betah duduk berjam-jam untuk sekedar menuangkannya dalam selembar kertas gambar dengan bantuan kuas dan cat air. Kegemarannya akan melukis sempat membawanya ke perlombaan melukis di Porseni (Pekan Olah Raga dan Seni) walaupun hanya sampai pada tingkat Kabupaten.

Beranjak dewasa, Deddy hijrah ke Denpasar untuk mengenyam pendidikan di SMA terfavorit di Bali, SMA 1 Denpasar. Di sanalah dia berkenalan dengan komputer berlanjut pada internet dan dunia blog.

SEJARAH BLOG

Deddy memulai perjalanan blog-nya di tahun 2001, tepatnya tanggal 13 Februari 2001. Pertama kali diperkenalkan dengan dunia blog oleh Andre, teman sekelasnya semasa SMA. Awalnya Deddy tidak begitu tertarik untuk ikutan membuat dan menulis blog, dia hanya menjadi pembaca saja. Mulai tertarik ngeblog setelah sering mampir ke blognya Cucan dan Vanda. Tulisan-tulisan Cucan dan design-design Vanda menggugahnya untuk ikutan terjun ke dunia blog.

Untuk tampil dengan ciri khas tertentu, Deddy menggunakan “Bocah” sebagai thema layout blognya. Setiap layoutnya selalu menampilkan sosok bocah. Baginya sosok bocah menggambarkan kepolosan dan kejujuran. Itulah yang ingin ditampilkan Deddy pada setiap blog-blognya. Jujur dan apa adanya.

Deddy Andaka's BlogPilihan hosting jatuh pada hosting gratisan paling populer saat itu, F2S. Setelah F2S memutus kontrak secara sepihak akhirnya Deddy numpang hosting di Green Tea milik seorang teman. Ketika jaman hosting gratisan berakhir, Deddy memutuskan untuk meregister domain. Berhubung waktu itu Deddy lagi getol-getolnya ngedesign, makan dia menggunakan nama dezain.org sebagai domain (2002). Namun dalam perjalanannya, hasrat untuk ngedesign ternyata naik turun, maka setelah dua tahun Deddy pun putus kontrak dengan dezain.org. Lalu pada tanggal 23 Januari 2004, lahirlah www.andaka.com yang menjadi wadah blog Deddy sampai sekarang.

KOMUNITAS BLOG

Deddy merupakan anggota Bloggerian, salah satu komunitas Blog tertua di Indonesia. Dia ikut menyumbang ide dan tenaga untuk beberapa proyek Bloggerian seperti: Blogsports sebagai penulis, IndiWiki sebagai tukang edit dan Planet Bloggerian dengan buttonnya.

DI LUAR BLOG

Di luar blog Deddy adalah seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. Mendapatkan gelar sarjana kedokteran di tahun 2005 dengan membuat karya tulis berjudul “Trauma Ledakan dan Identifikasi Korban Trauma Ledakan” yang diinspirasi dari Tragedi Bom Bali. Kemudian mendapat gelar dokter pada tahun 2007. Semasa kuliah tergabung dalam KMPA (Kelompok Mahasiswa Peduli AIDS) dan menjadi anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dalam bidang informasi. Saat ini Deddy sedang melanjutkan pendidikan spesialisasi dalam bidang Neurologi (Ilmu Penyakit Saraf) di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali.

HAL-HAL FAVORIT

JUVENTUS dan ITALY
Alessandro Del PieroDeddy menjadi seorang Juventini sejak mengikuti Serie A tahun 1997/1998. Kesetiaannya terhadap Juventus tetap tak berubah meski Juve sempat terdegradasi di tahun 2006/2007 karena kasus calciopoli. Alessandro Del Piero adalah pemain favoritnya di Juventus dan Del Piero adalah pemain yang pertama menyatakan masih setia membela Juventus meski terdegradasi di serie B. Baginya Del Piero adalah Juventus, dan Juventus adalah Del Piero.

Italy FIGCTim nasional Italy adalah tim jagoannya pada setiap event-event sepak bola yang melibatkan negara. Menjadi pendukung Italy sudah dilakoninya sejak World Cup 1998. Kesukaannya pada timnas Italy mungkin dapat dihubungkan dari beberapa sisi, pertama, Deddy lahir pada tahun 1982 dimana Italy menjadi juara World Cup. Kedua, saat Deddy kecil masih belum mengerti indahnya sepak bola sudah dia sudah dibelikan kostum pendukung Italy (padahal ayahnya bukan penggemar sepak bola). Puncak dari kegembiraan seorang pendukung timnas adalah ketika tim jagoannya menjadi juara World Cup. Setidaknya hal tersebut sudah dirasakan Deddy pada tahun 2006 lalu ketika Italy menjadi juara dunia dengan menaklukkan Prancis lewat drama adu pinalti.

FOTOGRAFI
Dunia fotografi baru digelutinya sejak tahun 2004. Dengan berbekal kamera semi-otomatis Canon AE-1 Programa (1982), kamera digital Panasonic FX7 (2004) dan sedikit pengetahuan menggunakan Photoshop, Deddy menyalurkan hobby fotografinya. Fotografinya beraliran Humanis, di mana lebih banyak yang menjadi object fotonya adalah manusia. Salah satu karyanya di fotografer.net adalah “Di Atas Jembatan Ampera” yang menggambarkan sibuknya aktivitas di bawah jembatan Ampera di pagi hari.

Daisaku IkedaDaisaku Ikeda adalah fotografer favoritnya. Pameran fotografinya yang terkenal adalah “Dialogue with Nature“. Bagi fotografer Jepang tersebut, memotret adalah “Struggle to capture the truth” – perjuangan untuk menangkap kebenaran. Ciri khas Daisaku Ikeda adalah dengan menyertakan puisi yang menginspirasi pada setiap karya-karyanya. Salah satu gaya memotret Daisaku Ikeda adalah dengan meletakkan kamera manual di depan dadanya bukan di depan matanya – begitu cara beliau untuk mengekspresikan diri memotret dengan hati.

I am not and never have been a professional photographer… I would be very happy if I am able to share, to some small extent, my joy at communing with nature, the ‘mirror of the heart’ – Daisaku Ikeda

PUISI
Deddy juga gemar menulis puisi yang dituangkannya dalam “Coretan si Bocah“. Sebutan Pujangga Cinta sempat melekat padanya ketika masih aktif menulis puisi.

kro.co: Little Snail


Tanggal 27 Juli 2010, tepat dengan ulang tahun yang ke-28 Deddy melaunching website kro.co sebagai website penyingkat URL. Seiring waktu, kro.co juga bergerak di bidang Twitter client dan kini juga mencoba mengembangkan ke arah mobile application.

CONTACT

email : deddy (at) andaka.com
gmail: andaka (at) gmail.com
ymail: andaka (at) ymail.com
Friendster: Deddy Andaka’s Friendster
Facebook: Deddy Andaka’s Facebook
Twitter: @deddyandaka

Comments on this entry are closed.