7 Tips Sehat Minum Kopi

by Deddy Andaka on January 21, 2008

Bagiku, teman terbaik ngeblog di pagi hari adalah kopi. Pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi -red) sering aku menanyakan tentang kebiasaan mereka minum kopi. Bukan hal yang mengejutkan kalau pada kenyataannya mereka rata-rata minum 5 cangkir kopi sehari! Lalu aku pun menyarankan mereka untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi, padahal kopi dari Indonesia memiliki cita rasa yang tinggi dan digemari di seluruh dunia. Rugi? Nah, sebelum bergabung dengan kelompok orang yang tidak boleh minum kopi dan hanya bisa menelan ludah melihat orang lain mengecup si hitam manis ini, ada baiknya kita ketahui “7 Tips Sehat Minum Kopi” berikut:

Blog and Coffee

1. Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang sehat.


2. Sinyal Bahaya

Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine dosis baru.


3. Dengarkan Respon Tubuh

Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri!

4. Kenali Kandungan Caffeine
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan caffeine seperti misalnya : softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

Cara pengolahan (roasting dan brewing) juga berpengaruh terhadap kandungan caffeine dalam kopi. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.

Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik untuk mereka yang mengalami obesitas karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol “baik”) sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL ini yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.


5. Coffee Mix

Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Banyak yang beranggapan teman terbaik kopi adalah rokok. Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya ngopi lho…


6. Kelompok Anti-Kopi

Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (mis: hipertensi). Nah, kalau sudah termasuk kelompok ini, lupakan kopi!


7. Check Up

Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah. Semakin dini hipertensi diketahui, akan semakin baik untuk penatalaksanaan selanjutnya. JNC VII mengklasifikasikan hipertensi sebagai berikut :

Klasifikasi

Sistolik (mmHg)

Diastolik (mmHg)

Normal

< 120

Dan

<80

Pre Hipertensi

120-139

Atau

80-89

Hipertensi stage 1

140-159

Atau

90-99

Hipertensi stage 2

> 160

Atau

> 100

Demikianlah “7 Tips Sehat Minum Kopi“. Bila keluhan berlanjut, hubungi dokter! ;)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 8.0/10 (35 votes cast)
7 Tips Sehat Minum Kopi, 8.0 out of 10 based on 35 ratings

{ 379 comments… read them below or add one }

Wiellyam January 22, 2008 at 12:07 am

iya dok, tapi saya nggak pernah minum kopi nih. sukanya minum air putih, ada nggak “7 tips sehat minum air putih” kalau ada di share juga…hahaha…. :mrgreen:

Reply

Deddy January 22, 2008 at 8:29 am

7 Tips Sehat Minum Air Putih :
1. Dimasak dulu sebelum diminum
2. Minum minimal 8 gelas sehari
3. Minum air yang tidak berwarna
4. Tidak berbau
5. Tidak berasa
6. Tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya *mulai maksa nih*
7. Biar sehat, angkat 1 ember air putih 100x kali sebelum dimasak, dijamin tambah gede dah otot2 lengannya *maksa buanget nih, biar jadi 7* Haha…

Reply

Arini Pelangi April 10, 2012 at 3:07 pm

hahahahahahahahahahaha :mrgreen:

Reply

Praditya January 22, 2008 at 12:35 am

Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya ngopi lho…

Nah… Saya maniak kopi tapi ndak merokok… :grin:

Reply

Deddy January 22, 2008 at 8:31 am

Sep, kalau begitu, anda termasuk “Peminum Kopi Sejati” :cool:

Reply

raiderhost July 19, 2009 at 5:20 pm

he .. he saya jatuh diposisi ini :)

tapi mungkin juga kecanduan rokok .. tapi klo pagi + ngeblog + rokok rasanya hemm … tak jamin pak dokter belum pernah merasakannya :D

Reply

BlogTemplate20 January 22, 2008 at 4:47 am

kebanyakan ngopi bikin mata melek lama kelamaan jadi belo :shock: bener gak sih dok?ihiks..saya suka kopi dan suka rokok keduanya nikmat tapi bikin kurang sehat. Teman saya malah ada yang sehari minum kopi terus tanpa minum air putih..parah.. :sad:

Reply

Deddy January 22, 2008 at 8:51 am

Belum ada penelitian tentang hubungan kopi dan mata belo`. Hehe… Kopi juga bisa bikin sehat lho. Kapan-kapan dah tak tulis. Btw, kasi tau tuh temenmu sebelum menyesal keluar dari KPK (Kelompok Pecinta Kopi) dan masuk ke KAK (Kelompok Anti Kopi). Hehe…

Reply

kopi_hitam April 25, 2009 at 4:45 am

aku salah satu pecinta berat kopi.. sehari bisa 3-4 gelas kopi. buat aku kopi itu udah jadi bagian yang ga terpisahkan dalam hidup. klo ga ada kopi rasanya hari ini ga lengkap. hari ini aja aku udah minum kopi 3 gelas.
klo menurutku berdasarkan pengalaman pribadi kopi itu bikin aku bisa mikir lebih jernih. selain itu juga kopi bisa bikin stabil kondisi emosional. abis minum kopi apalagi kopi item bawaannya seneng…
aku juga perokok. dibilang berat juga ga, dibilang ga berat juga berat.. nah lho bingung khan?? tapi yang aku rasain… temen ngopi yang paling enak itu rokok. klo berdasarkan pengalaman pribadiku rasa asli dari kopi itu bisa keluar klo dibarengin ama ngerokok.
kayaknya itu aja deh yang bisa aku tulis…
salam kenal buat semua… :razz:

Reply

guess January 22, 2008 at 9:02 am

lebih aman mana nee konsmsi kopi pa teh? trus dampak buta cewek yg doyan ngopi apa? da tmn k manik kopi n rokok n peminum jg, effect y apa tu? n cara yg pelan tapi pasti bt ngurangi kebiasaan itu gmn? thnk y ditungg commenty

Reply

Deddy January 22, 2008 at 10:04 am

Lebih aman mana, selama masih dalam batas2 tertentu semuanya aman2 aja kok.

Dampak kopi buat cewek, dari penelitian prospektif di California tentang hubungan kafein pada reproduksi male dan female menunjukkan hasil yang tidak bermakna. So, tidak begitu pengaruh ke masalah reproduksi. Paling dampaknya masih secara umum aja.

Ada juga penelitian yang menunjukkan efek kopi dapat meningkatkan seksual behavior pada female lho… (tapi baru pada tikus). hehe…

Kopi + Rokok + Alcohol. Hmm… sejauh ini kalau rokok aku belum menemukan manfaatkan selain alasan “sosial” aja. Kalau alkohol terlalu banyak juga bisa mengiritasi lambung.

Yah, semua itu ada dampak positif dan negatifnya. Bahkan obat juga kalau berlebih bisa menjadi racun kan? So, be wise!

Mengurangi kebiasaan itu, yang pertama perlu TEKAD dari dalem diri. Aku banyak kok ngeliat orang yang bisa berhenti merokok dengan modal tekad doank. Kalau kopi, bisa kurangi pelan2. Dari yang biasa 5 cangkir sehari jadi 3 cangkir trus 2 lalu 1 dan akhirnya bisa bebas dari kopi…

Sory kalau jawaban ini terbatas banget. Thanks commentnya yah!

Reply

modaro January 22, 2008 at 9:30 am

Wah pak dokter buat artikel tentang kesehatan ya, wah bisa konsultasi gratis neh….

Reply

Deddy January 22, 2008 at 10:06 am

Mau konsul via blog or via japri dipersilakan :wink:

Reply

bina (gombez) January 22, 2008 at 10:43 am

wah..mas dokter bagus juga tipsnya..saya sudah pasang link mas..pasang link saya dong mas deddy..txu

Reply

Deddy January 22, 2008 at 12:53 pm

Thanks, sudah di link balik tuh…

Reply

chikubie January 22, 2008 at 10:57 am

Wah gini deh kalo jadi dokter sekaligus tukang ngopi.. keluarlah tips sehat untuk ngopi :wink:
Btw ga sekalian promosi memperkenalkan kopi asli Pupuan nih? Soale sudah aku rasain sendiri beda rasanya dengan kopinya Starbucks… jauh lebih mantabs!

Reply

Deddy January 22, 2008 at 12:55 pm

Hehehe… belum belum… untuk sementara baru dipasarkan untuk kalangan terbatas saja :mrgreen:

Reply

Annie January 22, 2008 at 3:02 pm

hehehe…OK juga nih…tipsnya…. :grin: BTW tips yang lain di tunggu y…. :lol:

PaK DOukTer…. :mrgreen: :twisted:

Lam knal….visit on my blog…^-^

Reply

andang December 4, 2008 at 12:33 pm
andang December 4, 2008 at 12:41 pm

:?: kopi mix alkohol :idea:

Reply

snydez January 23, 2008 at 6:51 pm

gue dua cup / paper cup on working day
weekend kadang [kalo pengen nonton MU tengah malem :D , maklum lativi, nyiarin live nya yang ecek ecek doang, sisanya tunda]
jadi inget postigan gue: Jangan Minum Kopi kalo Jatoh Cinta

Reply

Deddy January 23, 2008 at 7:33 pm

Apa ya efeknya klo minum kopi pas jatuh cinta? Uda susah tidur karena kebayang dia mulu jadi tambah susah ya. Haha… Bagus juga tuh Son…

Reply

n1ghtfly3r January 24, 2008 at 3:21 am

wah kayanya kecanduan minum kopi hampir sama kaya kecanduan rokok yah… susah dihentikan :sad:

Reply

Deddy February 14, 2008 at 8:17 am

Kalau mau berhenti musti dari dalam diri sendiri, bukan karena orang lain. Tapi support dari lingkungan juga perlu banget tuh…

Reply

imcw January 24, 2008 at 10:43 am

Wah, saya juga hobi banget minum kopi. Saat ini sudah dua cangkir sehari. :)

Reply

dEEt February 5, 2008 at 8:34 pm

kalo bwt yg nyandu cappucino gmn??
ada tips sehat-a gak?? :D

Reply

Deddy February 14, 2008 at 8:11 am

Cappucino itu kopi yang paling cantik. Jadi cara minumnya juga beda ama kopi biasa… karena dibuat secantik mungkin, cappucino lebih lama mandangnya dari pada minumnya. Haha…

Tips sehatnya, secara umum sama aja kok dengan tips sehat minum kopi ;)

Reply

John February 6, 2008 at 3:27 pm

doc, saya ini penikmat kopi, sejak dari kuliah sampe sekarang, btw doc punya info nggak jenis kopi mana yg baik di komsumsi dalam waktu yg panjang, apa semua jenis kopi baik di konsumsi untuk waktu yg lama! :grin:

Reply

Deddy February 14, 2008 at 8:15 am

Jenis kopi atau jenis minuman kopi?
Kalau dari jenis kopi kayaknya ga masalah apakah itu kopi robusta atau arabika. Itu tergantung selera…

Kalau jenis minuman kopi, musti dilihat kandungan dan cara pengolahannya. Seperti misalnya Mexican Coffee yang mengandung alkohol tentunya kurang baik jika terus dikonsumsi setiap hari dan dalam jangka waktu yang panjang.

Biar aman, minum kopi tubruk gpp tuh untuk jangka waktu panjang, asal tetep memperhatikan tips2 sehat minum kopi ;)

Reply

Widarta February 29, 2008 at 1:22 am

– ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine dosis baru –

kalo aku cuma 12 jaman ded..
cuman sakitnya minta ampun..
sehari bisa minum 5 gelas ;) )
kalo ngak banyak2 minum..
kasian pabriknya ga produksi…
wakakakaka

Reply

Deddy March 2, 2008 at 1:21 am

Duh, kedatangan tamu penting nih, yang punya Kopi Mutiara :)
Yah, respon tiap orang beda2 Dar…
5 gelas sehari? Hmm… sebaiknya ya dikurangi Dar. Daripada ntar ga boleh minum kopi lho… baru deh nyesel… Malah tambah ga produksi dunk ntar pabriknya :lol:

Reply

aaqq March 7, 2008 at 8:45 pm

thanks for sharing.. :)
saya ngopi dan merokok..
memang.. aroma rokok bisa merubah aroma kopi (butuh cari literatur lebih banyak).. dan untuk beberapa orang.. merubah/mengganggu kenikmatan mengopi.. :)
tapi buat saya. ada kenikmatan tersendiri yang didapat ketika merokok dan mengopi secara bersamaan.. dan itu memang sangat subjektif.. :)

Reply

Deddy March 15, 2008 at 3:25 pm

Thanks atas kunjungannya. Blog kopi-nya benar-benar menarik mas.

Reply

oase March 12, 2008 at 11:36 am

imbangi 1 gelas kopi dengan 2 gelas air putih biar impas….

Reply

Deddy March 15, 2008 at 3:29 pm

Asal jangan dibalik, 2 gelas air putih diimbangi dengan segelas kopi. Bisa berabe karena anjuran minum 8 gelas air putih diimbangi dengan 4 gelas kopi. Hehe… Nice tips! Terkadang orang lebih senang membiarkan aroma kopi di mulutnya ketimbang dihapus oleh air putih…

Reply

santri March 19, 2008 at 12:04 pm

apa ada manfaat kopi buat anak yang suka kejang demam? efek negatifnya opo?

Reply

sabar April 11, 2008 at 12:54 pm

Saya Sih Suka MinUm K0PI TaPi MAla5 Mkn :cry:

Reply

Fitria April 23, 2008 at 3:36 pm

aku ceh udah ketagihan kaleeeeee, lok ga minum secangkir kopi tuh pucing bgt nich kepala.

Reply

Andi Sugiarto May 2, 2008 at 9:37 pm

Dr Deddy Andaka…,
salam kenal dari saya, Andi Sugiarto, dari Semarang. Blognya ini isinya banyak ya dan bervariasi. Gampang dibaca sih. Dan bersahabat utk mata juga.

Saya baru bisa ngeblog, dok. Kapan2 mau belajar yang rada2 canggih kayak dr D.A.

Terus majukan blog ini dok!!

Salam sejawat dari Semarang.

andi.

Reply

poto kopi May 26, 2008 at 9:53 pm

:arrow: :arrow: :arrow:
wahh.. mw ngopi aja mesti banyak pikiran dulu ya..

Reply

sali June 17, 2008 at 2:43 am

halo dok. gue juga suka ngopi nih. biasanya bikin ramuan custom excelso robusta + nescafe + nestle cream (he he ancur yak?) nah waktu lagi minum kopinya kadang gue ngasih anak gue yang baru umur 4,5 tahun. cuma sesendok teh sih ( :smile: he he kadang dua) katanya kalo dikit bagus buat jantung. beneran gak dok? trus ada pengaruhnya buat dia gak besok-besoknya? jadi ketagihan gitu ngalahin bapaknya ? :lol:

btw yang gue takutin malah gulanya secara nyokap diabet, makanya biasanya cangkir kedua gue pake low-cal sugar. gimana tuh.

thx a lot for the tips !

Reply

Deddy Andaka June 18, 2008 at 5:09 pm

Pemberian kopi kepada anak-anak sebaiknya dihindari. Seperti disebutkan di atas, 5mg kalsium hilang setiap pemberian 6 ons kopi. Sedangan anak kecil pada masa pertumbuhannya sangat membutuhkan kalsium.

Mengenai bagus tidaknya buat jantung, sejauh ini berbagai penelitian masih pro dan kontra mengenai hal ini. So… akan sangat bijaksana jika kita tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan untuk menhindari apabila ada efek buruknya kelak.

Mengenai dibetes, akan saya bahas di artikel berikutnya. Btw, itu sudah isi nescafe diisi gula lagi? Nah bisa kelebihan tuh…

Salam…

Reply

Jimmy Kurnia Indradjaya June 26, 2008 at 9:59 am

Dokter Handaka,
kalau saya mempunyai maag yang terganggu (tidak sampai sakit maag/mual) tapi terasa lebih banyak gas di lambung apakah saya masih boleh mengkonsumsi kopi? Kopi yang biasa saya minum adalah Nescafe Coffee Mix. Berapa kali kira2 dosis yang aman? Apakah jenis kopi yang saya minum diatas masih harus ditambahkan susu 2 sendok untuk menggantikan kalsium yang hilang? Juga ukuran obsesitas itu apa (bukan saya)? Sampai kapan konsumsi kopi decaf dapat dikonsumsi oleh penderita obesitas tanpa membahayakan? Saya juga baru pernah dengar tentang kopi decaf ini, kira2 dimana cara mendapatkannya? Sorry if there’s too many question. Thanks

Reply

Deddy July 6, 2008 at 4:53 pm

Wah banyak sekali nih pertanyaannya :D Kopi sebaiknya dihindari oleh penderita maag. dosis coffee mix juga sebaiknya tidak lebih dari 2-3 cup per hari. Klo ngga salah, biasanya coffee mix itu juga sudah dicampuri susu. Ukuran obesitas akan saya ceritaan kemudia. Kalau mau cari kopi decaf, coba aja ke tempat2 penyedia kopi semacam Starbucks dll…

Reply

melisa January 29, 2009 at 9:08 am

SALAM KENAL…
jika boleh….saya mau minta informasinya mengenai kopi vs maag..
kenapa sih kopi tidak boleh diminum oleh penderita maag?
apa hubungan kopi (komponen/unsur) yang menyebabkan sakit maag?
thx before…melisa
:?:

Reply

abiel July 2, 2008 at 2:51 am

kalo sehari habis 5 gelas kopi kapal api, masih terhitung aman ga dok?
tq

Reply

Deddy July 6, 2008 at 4:56 pm

mau kapal api atau kepal terbang… jumlah segitu tidak aman pak…

Reply

miami July 5, 2008 at 3:06 pm

makasih pak dokter untuk tips sehatnya, rajin2 ngeblog dong pak dokter :razz:

Reply

rizna July 9, 2008 at 7:34 pm

saya suka minum coffee mix, tp skrg agak berkurang setelah membaca tips pak dokter……… :smile: :roll:
thanks :roll:

Reply

viar July 16, 2008 at 5:15 pm

wah…info bagus.
aku sehari bisa 3-5 gelas kopi :shock:

Reply

on13 July 21, 2008 at 2:10 am

Menurut penelitian saya Minum Kopi dan Merokok adalah pasangan serasi dan menyehatkan tubuh dan sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan “saya jamin”…………………………………selama minum kopi gak ada gelasnya dan merokok gak ada koreknya….setuju :lol:

Reply

Deddy Andaka July 22, 2008 at 4:32 pm

Minum kopi ga pake gelas, serbuknya aja donk?
Klo rokok ga pake korek, makan tembakaunya ya?
Wah, bahaya juga tuh… :lol:

Reply

Hendri Wicaksono August 4, 2008 at 5:36 am

Seorang peminum kopi sejati tidak merokok!

Saya telah berhasil berhenti merokok 5 tahun yang lalu dengan Nicotine Gum.
Jadilah peng-kopi sejati, minum BLACK COFFEE (kopi tanpa gula)
Karena kalau kopi banyak gula namanya dah ganti menjadi KOLAK!

Ingin KOPI ORGANIK?
Di Banceuy, Bandung ada sebuah toko kopi + pabriknya, namanya KOPI AROMA

Reply

Deddy Andaka August 4, 2008 at 1:29 pm

Di Bali banyak nih kopi organik :)

Reply

triindi August 13, 2008 at 1:36 pm

Terus terang saya jarang sekali ngopi.. tapi kalau bandrek, bajigur..sering..
beda tidak efeknya?
Tadi diatas sempat disebutkan kopi tidak bagus buat anak-anak?
Karena ada sebagian kebiasaan yang meminumkan kopi kepada anak kecil, supaya tidak step..
apa bener itu?
trims
salut buat artikel-artikelnya…

Reply

Frank Barker August 15, 2008 at 1:39 am

Ngopi bikin hidup sehari lebih lama…
kerasa aneh dijantung, g tenang, terasa sesak… habis minum secangkir air panas dicampur n*scafe classic 3 sendokteh dicampur 1 sendokteh gula…

apa benar” harus berhenti untuk mengkonsumsinya atau ada tips untuk menghilangkan effect yang mengganggu tersebut untuk bisa beraktifitas lebih lama di hari yang memaksa kita untuk mengais rupiah demi hidup yang lebih baik

Thanks sebelumnya

Reply

joiner September 3, 2008 at 12:11 pm

gw 21 tahun..pecinta kopi,,tapi suka dimarahin kalo sering ngopi dirumah sama ortu,,, jadi ga nikmat minum sambil denger wejangan ortu,,, :cry:
dok,, berapa batasan umur orang untuk minum kopi (2 cangkir sehari)?

Reply

DimasCyber September 15, 2008 at 1:57 pm

great…saya juga menikmat kopi nih mas dedy, trus klo sehari ngga minum kopi, kadang kepala jadi pusing…napa ya?
Btw, lam kenal ya mas deddy, pasang link saya dong, saya sudah pasang link mas deddy di blog saya nih… :smile:

Reply

Jay November 6, 2008 at 2:54 pm

Hmmm
Hidup para pengopi….
Saya pengopi berat nih.
Apa lagi, kalo lagi kerjaan numpuk.
Kopi and rokok berteman akrab.
Yah, mau gimana lagi…. Saya temanni keduanya.
Dari pada Narkoba….
Hari gini, Narkoba !!!! Ndak lagi layau— Kuno.. Ketinggalan lagi. :razz:

Reply

Ragil November 7, 2008 at 1:47 pm

Saya jadi pengen minum kopi, tapi gmana ya spy ga ganggu fungsi ginjal dan kesehatan organ lainnya??

Reply

abdal malik November 13, 2008 at 1:07 am

Wah, bagus nich tips dari “dokter kopi”.
Eh, kalau campur jahe enak juga lho… Gimana menurut kesehatan?
Makasih, dok… :)

Reply

notebook bekas murah November 14, 2008 at 10:34 am

terimakasih atas informasinya,saya baru tau kalo kopi itu gag boleh diminum orang yang hipertensi,.. kalau saya sendiri apa yang saya minum dan makan itu dijaga sekali,.. cuman aja sebagai pengelola webblog kadang-kadang kita dibuat penyakit bukan karena faktor makanan dan minuman,tapi kita jadi tidak sehat karena radiasi yang terlalu parah dari monitor komputer,belum lagi yang nelepon berjam2(tdk pake load speaker) abis itu pusing-pusing tu,saya takut dampak kedepannya saja bisa terserang kanker otak(gitu dok) gag tau informasi dari mana saya lupa

dokter ,.. sesama blogger saya cuma mau kasih informasi ni( buat semua blogger)
gpp ya,..

buat pemilik web blog wordpress kita bisa dapetin wordpress premium themes yang seharga lebih us$50 gratis,caranya pilih salah satu themes di http://www.mitra.jakarta-megatrends.com lalu ikutin afiliasi gratis,syaratnya pajang banner afiliasi kita di website yang minimal umurnya 6 bulanan,.. sama sekali tidak dipungut biaya,.. malahan bisa mendapatkan tambahan penghasilan

Reply

retno November 20, 2008 at 4:57 pm

katanya sering minum kopi itu bikin kulit kering bener nggak dok???

Reply

Dominikus Juju December 28, 2008 at 12:52 am

Dok, saya minum kopi dalam sehari 2 gelas, cuma saya tidak merokok. Kata temen2 si kalo ngopi harus diimbangi dengan roko, apa bener kaya gtu?Tidak masalhkan kaya gtu? soalnya ngopi+ngeblog uenak :mrgreen:

Reply

donie January 4, 2009 at 7:24 pm

walah jangan2 ai udah kena caffeine withdrawal nih :mrgreen:

Reply

Leave a Comment

{ 12 trackbacks }

Previous post:

Next post: